Sunday, 28 April 2013

They (Company) said, that this is a "Smartphone"

Smartphone only good for smart people.

Gue rasa gue adalah stupid person, why? Karena gue enggak bisa ngegunain smartphone gue.
 
Entah gue yang terlalu bodoh atau phone gue yang terlalu pintar, gue hanya mau bercerita tentang suka-duka petualangan gue bersama smartphone kesayangan gue, New Smartfren Andromax 7’’.

Tablet itu gue beli karena review Smartfren Andro 7'' dari Alitt Susanto di klik sini kakak. Awalnya gue mau beli BB, tapi sebagai mahasiswa bisnis yang prinsip berfikirnya “setiap yang gue lakukan mesti menghasilkan laba”, gue pun memutuskan membeli tablet yang harganya relatif murah itu, beli tab seharga BB, untung bukan? Yang versi lama aja katanya bagus, gue berfikir gimana lagi yang New?

Gue beli 21 Desember 2012, tepat ketika si Kwik lagi pameran di Mall Metropolitan Bekasi. Yap, tanpa panjang lebar, gue beli tab yang gue mau itu.

Di awal, tab gue suka panas, gue tanya @smarfrenworld , katanya gak masalah, dengan alasan yang bisa diterima nalar gue, ditambah dengan kata-kata kakak sepupu gue, gue pun terima.
 
Bulan berikutnya tab gue lemotnya dahsyat. Gue yang gak punya waktu karena gue kuliah di dua tempat, penulis, blogger, dan juga entertainer yang sibuk, gue enggak sempat ngecek tab gue. Gu pikir mungkin karena tab gue kepenuhan memori.
 
Gue pun mengecek memori internal tab gue, 1GB dari 8 GB. Oh God, ini apa yang terjadi? Karena lemotnya belum maksimal, gue tetap pakai, dengan alasan sibuk gak punya waktu cek fisik.
 
Akhirnya, ketika Uje meninggal, 26 April 2013, gue mengecek tab gue tercinta itu di galeri Cempaka Mas, dengan alasan galeri tersebut yang terdekat dengan kampus gue. Setelah dicek fisik, mas CS-nya bilang kalau OS gue yang trouble. Gue yang kepo bertanya kenapa OS bisa rusak? Dijawab jelek dari sananya, gue pun emosi, tapi gue kembali tenang, mungkin itu karena gue yang sial dapet yang jelek.
 
Gue minta di-upgrade aja, tapi masnya bilang di sana gak bisa upgrade, gue disuruh ke Roxy. Oh God, buat ke seberang kampus aja gue butuh beberapa bulan, ini lagi disuruh ke Roxy. Gue pun meminta di-upgrade ke Jelly Bean, bukan ICS karena lagi-lagi gue bilang, apa yang gue lakukan harus menghasilkan laba. Masnya bilang, Jelly Bean bisa di-upgrade di Sabang. Gue pun diberi alamat Roxy dan Sabang. Karena gak puas, gue pun komplain ke @smartfrencare.
 
Keesokannya atau tgl 27 April, gue menyambangi galeri MM Bekasi, dengan alasan ini adalah tempat di mana gue membeli, 21 Desember 2012 di acara pameran si kuik-kuikkkiiikkk.
 
Setelah cerita tentang CS di Cempaka Mas, Tablet gue pun di-upgrade. Yes. Senanglah hati gue. ICS baru pun menemani malam gue. Horeee. Hal  yang pertama kali gue lakukan adalah download Instagram. Gue sebagai seorang entertainer emang gak bisa lepas dari sosial media yang satu ini. Malam itu gue pun tidur tenang.
 
Paginya, gue hidupin deh si tablet unyu yang gue matiin itu, sebentar gue cek instagram,download fb dan twitter, setelah selesai lalu gue biarkan dia. Dua jam berlalu, gue kangen sama instargram, fb dan twitter yang baru gue download pagi ini. Gue tekan tombol power, tapi ga ada respon. Gue cek lampu di tombol power. MATI.
 
Gue berfikir, mungkin lowbatt karena android memang boros baterai. Gue cas setengah jam. Gue hidupkan dan taraang, yang muncul hanya smartfren, logo smartfren, dan live smart. Gue pun menunggu stengah jam. 

Gak ada perubahan. Ngamuklah gue ke @smartfrencare lagi. Gak dapat balesan yang gue inginkan, gue pun pergi ke galeri MM lagi. Gue menuntut tab baru krn gue sudah banyak dirugikan.
 
Rugi secara materi : 1.    Mesti ngisi pulsa axis padahal smartfren baru aja diisi pulsa dan gue pake layanan conex evo di mana pulsa gue otomatis berubah jadi kuota.
2.    Mesti ongkos bolak-balik tiga kali ke galeri.
3.    Antrian di MM tuh panjang banget, biaya makan di mall mahal banget.
 
Rugi secara non-materi:
1.    Sebagai mahasiswi, tugas gue jadi terbengkalai, gue mesti bawa notebook lagi, padahal berat.
2.    Sebagai entertainer, gue ada job tanggal 2 Mei, nah komunikasinya Cuma via WA yang no nya lg bermasalah, karena tadi tab gue gak mau ke menu, jadilah gue enggak nyetet no hp nya.
3.    Sebagai blogger, gue pasti bakal enggak up to date banget, tanpa WA, Line, We-chatt dan IG.
4.    Sebagai mahasiswi yang sibuk karena kuliah dua tempat, waktu gue terkuras abis karena ini, belum lagi ini libur jeda UTS gue.

Gue menuntut tab baru, tetapi karena penggunaan tab gue itu sudah 4 bulan 7 hari, maka permintaan gue tidak dikabulkan dan diberi dua pilihan. Service atau upgrade ulang. Padahal kemarin sudah di-upgrade, masa mau upgrade lagi, biar tiap hari gue ke galeri? Gue pun memutuskan untuk service dengan catatan harus selesai sebelum 2 Mei. Namun, CS berkata, paling lama 1 bulan. Oh God, ini cobaan apa?

Bagaimana dengan job gue? Akhirnya gue dikasih pilihan lagi, kalau mau cepet gue langsung ke Roxy aja. Kalau gue ke Roxy, yah paling tunggu itu tab udah jadi ganjel  pintu kali yah. Akhirnya gue meminta no. Tlp. Roxy untuk compalin besar-besaran dan meminta pertanggungjawaban.

Akhirnya gue pulang kembali dengan kertas, kertas service dan kertas no. Tlp. Roxy.

Gue dapet pelajaran berharga banget, kalau kepuasan pelanggan itu nomer satu loh. Gue di sini bercerita bukan untuk menakut-nakuti calon pengguna smartfren kok.

Gue cuma sial mendapat produk yang kualitasnya kurang. Untuk internet sendiri selama ini yang gue rasakan sangat irit dan cepat. Pihak @smartfrencare pun sudah mulai mengambil tindakan. Nantikan kisah gue berikutnya.

SYBS

3 comments:

  1. yes kita pelanggan beli krn yakin nih barang ok tp seperti yg saya alami andromax U pertama beli ok lampu flash gak nyala gue pancing pake aplikasi pihak ke tiga dan hasilnya tu lampu flash bisa on trus gw pake ternyata pemutar musik suara suka error kadang kecil kadang suara normal kembali gw mulai kecewa dari situ dan yg lebih parah lagi tuh hp yg katanya smartphone gw pake lagi asik ehh malah hang gw pusing kenapa nih hp gw cabut batre dan alhasil andromax u yg katanya smartphone nyala tp gak mau nge boot gw bawa ke galeri smartfren di kota gw karawang gw jelasin dan katanya os nya rusak, gw service dan masih bergaransi dan gw tanya brapa hari ni service pihak galeri bilang paling lama 14 hari ok gw setuju ternyata sampe sekarang hampir 1 bln katanya belum beres pak masih diperbaiki, gw sangat kecewa jujur gw merasa tertipu dengan iklan yg mereka tanyangkan ternyata tdk sesuai dengan barang yg dijual. untuk kejadian ini semua gw akan tunggu 1 bulan gak beres juga gw akan minta uang gw kembali dan gak mau tukar barang lagi krn gw sudah kecewa sangat oleh produk smartfren tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah mas, saya juga udah ngotot mnt ganti baru, malah sampe ribut2 gitu, but mereka dgn metode senyuman tidak memenuhi keinginan gue. namun, tenang saja mas, smartfren sudah dituntut oleh yayasan lembaga konsumen Indonesia dlm beberapa pasal.

      Delete
    2. nanti saya tulis di blog tentang masalah ini.

      Delete